POSYANDU PRIMA DEKATKAN PELAYANAN KESEHATAN PRIMER BAGI WARGA KELURAHAN GAMER

Kelurahan Gamer – Bagi masyarakat awam barangkali istilah Posyandu Prima belum familiar. Posyandu Prima Kelurahan Gamer boleh disebut sebagai Posyandu Prima rintisan di Kecamatan Pekalongan Timur, karena sampai saat ini memang merupakan satu-satunya Posyandu Prima yang ada di wilayah Kecamatan Pekalongan Timur. Pos pelayanan terpadu yang baru launching bulan Desember 2022 ini bukanlah hal yang benar-benar baru. Program ini sebenarnya hanya memadukan beberapa kegiatan yang sudah ada dan berjalan.

Posyandu Prima merupakan koordinator Posyandu yang memberikan pelayanan sesuai siklus hidup mulai dari ibu hamil sampai dengan lansia, dilakukan minimal 1 kali dalam sebulan. Kegiatan Posyandu diperkuat dengan kegiatan kunjungan rumah oleh Kader yang dilakukan secara terencana. Kegiatan di Posyandu tetap dilakukan pembinaan oleh Puskesmas dan Pokjanal di wilayah kerjanya. Diharapkan dengan dilakukannya Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer dapat meningkatkan layanan kepada masyarakat sampai ke tingkat keluarga dan sesuai standar.

Posyandu Prima di Kelurahan Gamer dilaksanakan setiap Sabtu ke-tiga setiap bulannya. “Saat ini animo masyarakat untuk memanfaatkan Posyandu Prima belum begitu besar, hal ini barangkali karena program baru dan masih perlu disosialisasikan lebih luas lagi. Namun saya percaya ke depan partisipasi masyarakat tentu akan meningkat. Kehadiran Posyandu Prima ini mendekatkan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat”.Demikian disampaikan oleh lurah Gamer, Slamet Samuji pada saat memantau pelaksanaan kegiatan Posyandu Prima.